Jumat, 08 Februari 2013










Baiklah, berikut ini adalah penjelasan tentang briket. Briket adalah gumpalan
yang terbuat dari bahan lunak yang dikeraskan. Briket merupakan salah satubahan bakar alternatif yang memiliki prospek bagus untuk dikembangkan. Karena, selain dari prosespembuatannya yang mudah, ketersediaan bahan bakunya juga mudah didapat. Beranjak dari kondisitersebut, peneliti berupaya membuat arang briket dengan kombinasi bahan arang tempurung kelapadan ampas tebu. Untuk mengetahui kualitas yang baik pada arang briket yang dihasilkan dapat dilihatdari hasil pengujian kimia meliputi kadar air, kadar abu dan kadar zat menguap sedangkan pengujianfisik dengan pengujian indrawi terhadap tekstur, warna dan lama pembakaran. Pada dasarnya briket bioarang adalah salah satu inovasi energi alternatif sebagai pengganti arangkonvensional yang berasal dari kayu. Bahan dasarnya dapat di ambil dari serasah dan daun-daunkering lainnya.
Keuntungan yang diperoleh dari briket bioarang ini antara lain adalah :
1. Dapat menghasilkan panas pembakaran yang tinggi
2. Asap yang dihasilkan lebih sedikit daripada arang konvensional, sehingga meminimalisir pencemaran udara
3. Bentuknya lebih seragam dan menarik, karena dicetak dengan menggunakan alat cetasederhana
4. Pembuatan bahan baku tidak menimbulkan masalah dan dapat mengurangi pencemaranlingkungan
5. Pada kondisi tertentu dapat menggantikan fungsi minyak tanah dan kayu bakar sebagai sumber energi     bahan bakar untuk keperluan rumah tangga
6. Lebih murah bila dibandingkan dengan minyak tanah atau arang kayu.
7. Masa bakar jauh lebih lama daripada arang biasa.

Kami  ekskul KIRANA dari SMA Plus Negeri 17 Palembang kemarin telah mencoba, dan berhasil. Walaupun api yang dihasilkan berwarna merah, Menurut senior kami api hasil pembakaran briket yang bagus itu berwarna Biru.

0 komentar:

Posting Komentar