Rabu, 05 Agustus 2015

      Wow.. udah lama sejak terakhir posting. Ya akhir - akhir ini lagi fokus baca buku pengetahuan. Eh nggak sengaja ketemu hal - hal unik mengenai koloni semut. Nah lo... siapa coba yang nggak tau sama semut? pastinya semua kita sudah tau dengan semut. Coba berapa banyak jenis semut yang kalian tau?? rata - rata yang kita ketahui yaitu semut merah, dan semut hitam. Kalo semut merah suka menggigit, sedangkan semut hitam nggak. Ya ini pengetahuan yang kita dapat berdasarkan pengalaman, oke pada bahasan kali ini kita akan membahas tentang semut, langsung aja.

    Ternyata pengelihatan semut tidak terlalu baik lho.. Mereka beraktivitas terutama melalui komukasi kimiawi. Semut menggunakan petunjuk kimiawi yang tahan lama untuk mengetahui/ mendeteksi diri sendiri dan menandai sarang. Semut juga menggunakan banyak petunjuk kimia jangka pendek yang disebut feromon, yang disekresikan pada kondisi tertentu. Misalnya feromon peringatan tanda bahaya, yang membuat semut lari berkeliling jika kita ganggu. Selain zat kimia yang digunakan dalam komunikasi, beberapa semut menghasilkan antibiotik atau pertahanan kimiawi melawan pemangsa. Bahkan si semut menggunakan zat kimia untuk membunuh tanaman tertentu.

        Ada sekitar 10.000 sampai 12.000 spesies semut lho. Semuanya hidup berkoloni, masing - masing dengan satu atau beberapa betina yang bisa bereproduksi, yang disebut ratu.  Ratu bertelur, menggunakan sperma yang disimpan dari perkawinan sebelum ia menjadi ratu koloni. Anggota-anggota koloni yang lain ( semut yang kita lihat mondar - mandir ) adalah anak - anaknya, pekerja betina yang steril. Para pekerja ini melakukan semua pekerjaan, dan melakukannya tanpa arahan dari sang ratu. Semut - semut jantan, yang menetas dari telur yang tidak difertilisasi, dihasilkan hanya sekali  setahun. Semut jantan dewasa akan mati setelah kawin.
                               
                                                                               **

 Apasih yang dilakukan oleh semut pekerja??

Sebagian semut pekerja pergi berkelana mencari makan. Sebagian lagi berpatroli ( kayak polisi aja nih) artinya mereka pergi pagi - pagi sekali dan memutuskan ke mana para semut pencari makan itu harus pergi pada hari itu. Yang lain melakukan pekerjaan memelihara sarang, membangun kamar - kamar di bawah tanah dan kemudian mengangkut keluar pasir sisa. Yang lainnya lagi bekerja di tumpukan sampah. setiap kelompok semut yang berbeda melakukan salah satu tugas tersebut.

Nih siapa yang pernah kecium, atau memang sengaja cium bau semut. Nah kok bisa ada bau yang khas gitu ya??

Ternyata berdasarkan penelitian, panas matahari adalah penyebabnya. Setelah terkena suhu tinggi dan kelembapan rendah untuk waktu yang lama, semut akan menjadi bau. Bau semut menjadi berbeda akibat kerja yang dilakukannya. pada dasarnya semut menghasilkan bau yang sama, namun pekerjaannya yang membuat bau tersebut berbeda.

   Pasti pernah kita melihat semut sedang melakukan kontak antena dengan semut lainnya. Ternyata antena semut adalah organ semut untuk aktivitas kimiawi lho. Ketika bertemu dan saling menyentuhkan antena, mereka saling membauhi, mendeteksi zat - zat kimia di tubuh temannya. Namun hal ini bukanlah sebuah instruksi kepada temannya.

                                                                            **

  Seekor semut pekerja yang mencari makan , tidak akan pulang sampai menemukan sesuatu. Jika ia harus berkeliaran selama 45 menit, maka ia akan melakukannya. Ketika ada makanan di dekat sarang, semut perkerja yang mencari makan akan pulang dengan cepat. Semut yang pulang akan memberikan umpan balik positif ( sejenis kabar gembira gitu ). Semakin cepat semut pulang, semakin banyak pula semut yang keluar. 

   Apabila koloni semut sedang menyerbu rumah kita, sebaiknya jangan kita menggunakan pestisida. Karena pestisida dapat mencemari air tanah, namun tidak banyal pengaruhnya terhadap jumlah semut. Membilas jejak semut hanya berhasil sejenak, Hal yang harus kita lakukan adalah menyumbat jalan masuk semut. 



Semoga bermanfaat~


1 komentar:

  1. kak boleh minta nomor hapenya gak? mau undang untuk jadi raja semut nih..
    tolong kabarin yah kak. kami butuh raja

    BalasHapus