Minggu, 26 Juli 2015



Oke, sebelumnya kita telah membahas Tingkatan Organisasi Kehidupan di bagian 1, dari Molekul sampai dengan sistem organ. Nah sekarang pada bagian kedua ini kita akan membahas tingkatan dari organisme sampai dengan biosfer. Baiklah langsung saja.


  1. Organisme 
        Makhluk hidup individual atau kita perseorangan disebut organism. Setiap pohon mapel dan tumbuhan lain di hutan merupakan suatu organisme, demikian pula dengan hewan hutan, seperti katak, bajing, kijang, dan serangga. Tanah di hutan dipenuhi mikroorganisme, misalnya saja bakteri.
  2. Populasi
        Suatu populasi terdiri dari semua individu dari suatu spesies yang hidup dalam batas-batas daerah tertentu. Misalnya, Hutan Ontario ini mencakup populasi pepohonan mapel gula dan populasi kijang berekor pputih. Sekarang kita dapat mempertajam definisi tentang komunitas, pada bahasa selanjutnya.
  3. Komunitas
        Komunitas, yaitu beberapa populasi yang menghuni daerah tertentu, yang saling berinteraksi. Seluruh organisme yang menghuni suatu ekosistem disebut komunitas biologis. Komunitas dalam ekosistem hutan mencakup banyak jenis pohon dan tumbuhan lain, beraneka macam cendawan dan fungsi lain, serta beranekaragam mikroorganisme, yaitu bentuk kehidupan yang terlalu kecil, untuk bisa dilihat tanpa mikroskop misalnya bakteri. Masing - masing bentuk kehidupan ini disebut populasi.
  4. Ekosistem
        Coba bayangkan, ketika kita mendekati permukaan Bumi dan berkhayal mendarat di Afrika, kita mulai melihat suatu hutan dengan banyak sekali pohon meranggas (pohon yang kehilangan daun pada suatu musim dan menumbuhkan dedaunan baru pada musim lain). Hutan ini merupakan contoh dari ekosistem. Padang rumput, gurun, dan terumbu karang di laut adalah tipe ekosistem yang lain. Ekosistem terdiri dari semua makhluk hidup di daerah tertentu, bersama semua komponen tak hidup dalam lingkungan yang berinteraksi dengan makhluk hidup, misalnya tanah, air, gas-gas di atmosfer, dan cahaya. Gabungan seluruh ekosistem bumi disebut biosfer.
  5. Biosfer
        Setelah kita cukup dekat dengan Bumi sehingga bisa melihat semua benua dan samudera ( lihat saja Globe ya guys). Kita mulai melihat tanda-tanda kehidupan misalnya dalam mosai hijau dari hutan - hutan. Inilah pandangan pertama kita mengenai biosfer, yang terdiri dari semua lingkungan di Bumi yang dihuni oleh kehidupan. Biosfer mencakup sebagian besar wilayah daratan, sebagian besar air, dan atmosfer sampai ketinggian beberapa kilometer.

Semoga bermanfaat~

0 komentar:

Posting Komentar