Rabu, 22 Juli 2015



  Oke sesuai judul, kita kali ini akan membahas tingkat - tingkat organisasi biologis. Kita akan bahas bagian terkecil dari tingkatan organisasi kehidupan yaitu molekul sampai organ . Langsung masuk ke materinya :

  1. Molekul

       Wah, sepertinya kata molekul sudah tidak asing lagi untuk kita semua, pernah dalam kehidupan kita  mendengar kata ini, terutama dalam pelajaran kimia. Sebenarnya apa sih pengertian molekul itu?? Oke, Molekul adalah suatu struktur kimia yang terdiri dari dua atau lebih yang biasa kita sebut sebagai atom, nih sebagai contoh yaitu klorofil. Klorofil adalah molekul pigmen yang memberi warna pada daun tumbuhan. Klorofil ini juga merupakan salah satu molekul terpenting di Bumi, yang berfungsi menyerap cahaya dalam proses fotosintesis. Nah kalo misalnya molekul klorofil ini tidak ada kita akan kesulitan bernapas.

    2. Organel
       Ini tingkatan setelah molekul, kalo di molekul contohnya klorofil. Nah kalo di organel contohnya kloroplas. Kloroplas ini terdiri dari berbagai komponen fungsional lho.. Organel ini ditemukan  pada tumbuhan dan protista yang dapat berfotosintesis  yang menyerap dan menggunakan sinar matahari untuk mendorong sinstesis oksigen .
    
   3. Sel
    Sekarang kita masuk ke sel, sel itu adalah unit penyusun makhluk hidup. Terdiri dari organel dan molekul - molekul, Beberapa jenis organisme, misalnya amoeba dan sebagian besar bakteri, merupakan sel tunggal. Organisme lain. termasuk tumbuhan dan hewan, bersifat multiseluler. Nah berbeda dari organisme sel tunggal yang melaksanakan semua fungsi kehidupan, organisme multiseluler memiliki pembagian tugas. Di tubuh manusia misalnya sel otot dan sel saraf, yang memiliki tugas yang berbeda, serta sel epitel juga memiliki peran berbeda.

  4.Jaringan
     Jaringan adalah kelompok sel yang sejenis, memiliki bentuk dan fungsi yang sama dalam tubuh makhluk hidup multiseluler. Contoh: jaringan epitel, jaringan otot, jaringan tulang, dll. pada hewan dan jaringan epidermis, jaringan meristem, jaringan pengangkut, dll. pada tumbuhan.
   
  5. Organ dan Sistem Organ
      Organ adalah kelompok jaringan yang bersatu dan bekerja sama yang menjalankan fungsi tertentu. Organ - organ manusia, hewan kompleks lain, dan tumbuhan terorganisasi menjadi sistem organ, yang masing - masing merupakan sekelompok organ yang bekerja sama melaksanakan suatu fungsi yang spesifik. Misalnya, sistem pencernaan manusia mencakup organ - organ seperti lidah, lambung, dan usus.

Baiklah, pada bagian 1 kita telah membahas sedikit tentang tingkatan organisasi kehidupan. Akan kita lanjutkan di lain waktu. 

Semoga bermanfaat~
       
    

0 komentar:

Posting Komentar